Seminar Big Data Analytics Sebagai Pendukung Utama Transformasi Digital Kerjasama STMIK AKBA Bersama Inixindo Jogya

 

Jumat, 08 Maret 2020 STMIK AKBA bersama dengan Inixindo Jogja menyelenggarakan Webinar atau Seminar Onlline dengan tema “Big Data Analytics sebagai Pendukung Utama Transformasi Digital” . Dalam Sambutannya, Ketua STMIK AKBA, Dr. H. Askar Taliang, M.Si. menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat khususnya penggiat bidang IT dengan tetap produktif di masa pandemi Covid-19. Beliau berharap agar  event seperti ini  terus berlanjut dan kerjasama STMIK AKBA  dengan Inixindo Jogja dapat menjadi upaya dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di STMIK AKBA.

Senada dengan hal tersebut, Ketua P3M STMIK AKBA, Dra, Ratnawati, M.Si sebagai koordinator pelaksana Event Webinar  mengatakan bahwa tujuan event seperti ini dapat menjadi salah satu sarana berbagi ilmu tentang pentingnya pemahaman Big Data sebagai pendukung pengambilan keputusan di semua bidang baik pemerintahan, perdagangan, usaha hingga pendidikan. Kegiatan ini diikuti 174 orang peserta tidak hanya dari kalangan dosen STMIK AKBA tetapi juga dari berbagai kalangan, seperti Unhas, UNM, Politeknik UP,Univ. Brawijaya, Univ. Gajah Mada, UMI, Unismuh, UNIFA, Univ Yapis Papua, UIN Alauddin, Univ. Musamus Merauke, Telkom University, Univ. Muhammadiyah Maluku, Unsulbar, & beberapa PTS yang tersebar di wilayah Indonesia Timur, Kominfo Prov. Sulawesi Tenggara, serta beberapa stakeholder dari institusi pemerintahan maupun swasta.

Bapak Yanuar Hadiyanto dari Inixindo Jogja dalam materinya menyampaikan  bahwa Big Data diolah oleh Kecerdasan Buatan (AI) karena sumber infomasi atau data yang begitu banyak dapat memberikan informasi kepada pengguna untuk mengambil kebijakan / keputusan yang tepat. Sumber informasi dapat berasal dari sosial media, profil user,  transaksi user , customer, cloud dan informasi-informasi lainnya kemudian ditampung dalam sebuah Big Data.

                Dari rangkaian event webinar  tersebut panitia melakukan  pula penggalangan dana peduli Covid 19 yang berasal  dari pembayaran e-sertifikat peserta. Dana yang terkumpul rencananya akan disumbangkan dalam membantu program pemerintah memutus mata rantai penyebaran virus Corona (Covid-19), Tutur Muhammad Sabirin Hadis, M.T. selaku Ketua Panitia Webinar.

Add new comment

You must have JavaScript enabled to use this form.