Di Tengah Corona Merebak, STMIK AKBA Sukses Terapkan Seminar Proposal Via Daring

 

Sejak merebaknya wabah corona, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer (STMIK AKBA) sebagai salah satu perguruan tinggi berbasis IT telah menerapkan belajar dari rumah. Perkuliahan dilangsungkan dengan sistem daring. Selain kegiatan perkuliahan, seminar proposal, bimbingan skripsi, bimbingan laporan kerja praktik serta pelayanan customer service pada Pusat Layanan Terpadu (PLT) juga dilakukan secara online. Kepala ICT STMIK AKBA Pasnur, ST.M.Kom  menjelaskan bahwa pada Sistim Akademik (Siakad), sudah dapat melaksanakan seminar proposal secara daring dan semuanya berjalan dengan baik. Subtansinya sama dengan seminar proposal konvensional, cuman ini bedanya kita lakukan secara online," ujar Pasnur, Jumat (10/4/2020).

Dalam seminar proposal tersebut, terbagi dalam tiga sesi. Setiap sesi memakan waktu selama 30 menit. Dimana sesi satu diperuntukkan untuk presentasi oleh mahasiswa, selanjutnya sesi tanya jawab selama 30 menit, dan terakhir keputusan dari dosen penguji.

"Kita melakukan sidang proposal online ini melalui aplikasi Google Meet, sejauh ini tidak ada kendala," imbuhnya. Sementara sistem penilainnya, tidak ada bedanya dengan seminar tatap muka, dimana sudah ada ketentuannya dalam petunjuk teknis yang berlaku mengenai pembelajaran jarak jauh.Sementara itu, Ketua STMIK AKBA Dr. Askar Taliang, M.Si mengungkapkan bahwa seminar daring ini juga sudah terlaksana pada semua jurusan, seperti Teknik Informatika, dan Sistem Informasi. Menurutnya, seminar online ini dilakukan sebagai salah satu bentuk upaya dalam mendukung anjuran pemerintah dalam memutus mata rantai wabah corona (Covid-19).

Sebelumnya kita juga sudah melaksanakan kuliah daring, STMIK AKBA siap dalam upaya mencegah atau mengantisipasi merebaknya penularan Covid-19," ujarnya. Disamping itu, STMIK AKBA pun terus meningkatkan kualitas perkuliahan sistem daring dengan melakukan penambahan fitur-fitur perkuliahan daring pada Sistem Akademik (SIAKAD) di lingkungan STMIK AKBA.

Add new comment

You must have JavaScript enabled to use this form.